Sabtu, 30 Oktober 2010

Layanan studentsite universitas Gunadarma

 REVIEW LAYANAN BERBASIS WEB UNIVERSITAS GUNADARMA
OLEH
STEVE WISNU PERDANA (26210692)
1EB11


Oke ini adalah posting kedua saya,posting ini hanya untuk kepentingan tugas dari kampus jadi harap maklum.
Langsung saja kali ini saya akan membahas mengenai layanan UG yang pasti udah akrab bagi mahasiswa UG yaitu layanan studentsite yang beralamat di http://studentsite.gunadarma.ac.id
Studentsite 
Adalah layanan web yang dimilki oleh Ug ini adalah situs yang berisi pelayanan dan informasi mengenai kegiatan di UG.Studentsite wajib dimilki oleh semua mahasiswa UG selama menjadi mahasiswa di UG.Setiap mahasiswa UG baru atau lama pasti mengakses akun studentsite mereka setidaknya sekali dalam dua hari atau malah dalam satu hari.Alasan mahasiswa mengakses layanan ini dikarenakan di sinilah informasi terbaru mengenai kegiatan civitas academia UG diumumkan.
Studentsite bisa dibilang sebagai locker di dunia maya karena data-data mahasiswa UG ada di sini mulai dari jadwal perkuliahan,tugas dari dosen,pengurusan surat izin dll.Saat PPSPPT semua calon mahasiswa mendapat pemberitahuan mengenai cara mengaktifkan akun studentsite mereka,bersama dengan cara mengakses situs BAAK,hal pertama yang wajib dimiliki untuk mengakses akun studentsite adalah NPM mahasiswa.
Selanjutnya adalah fitur-fitur mengenai studentsite.
  • Mail,layanan ini berguna untuk menerima email yang masuk di akun studentsite.
  • kalender,sama seperti kalender pada umumnya hanya saja ini juga berfungsi sebagai kalender akademis
  • Adressbook,adalah layanan yang menyediakan nama nama,alamat,nomor telepon orang sudah terdaftar di adressbook 
  • Info log,layanan log dari studentsite 
Selanjutnya adalah kelebihan dari layanan ini,antara lain:
  1. Sarana informasi mengenai aktivitas dari civitas akademi UG
  2. Tempat berbagi informasi/pemberitahuan antara mahasiswa dengan dosen melalui layanan lecture message.
  3. Terhubung hampir ke semua layanan penting berbasis web Universitas gunadarma seperti BAAK
  4. Adanya layanan kalender pendidikan.
Tidak ada hal yang sempurna begitu juga dengan layanan studentsite.Selanjutnya adalah kekurangan dari layanan studentsite;
  1. Koneksi /masalah jaringan,ini adalah masalah yang utama hampir setiap membuka layanan ini ada saja masalah koneksi jaringan yang lambat mungkin karena ini adalah masalah internal dari server tapi ini tetap saja menyulitkan mahasiswa dalam mengakses layanan ini.
  2. Tampilan yang terlalu simple atau kurang interaktif,meskipun fitur yang disediakan lengkap bagi kalangan mahasiswa tapi tampilan yang sederhana ini kadang dapat membuat bosan bagi pengguna yang terus menerus membuka layanan ini.
  3. Belum terintegrasinya layanan search engine populer,meskipun bukan masalah penting tapi mungkin lebih baik bila ada layanan search engine.
Nah itu tadi adalah  review dari salah satu layanan web UG yaitu layanan student site kesimpulan yang dapat diambil adalah layanan ini memang bisa dibilang sudah baik tapi sayang ada masalah yang menurut penulis harus diperbaiki yitu masalah koneksi jaringan yang terkadang putus di saat mengakses layanan ini.
sekian mengenai review dari layanan web Gunadarma, apabila ada kata atau tulisan yang tidak berkenan penulis mohon maaf.

Minggu, 24 Oktober 2010



Disusun oleh steve wisnu perdana
1EB11
26210692

Usia Muda Bukan Halangan Berbisnis
Bisnis kita tentu sering mendengar kata itu, tapi untuk pengertian secara mendasar kita belum mengetahi secara pasti,apakah bisnis itu ? bisnis beasal dari kata busy yaitu sibuk dalam melakukan kegiatan atau aktivitas yang dapat mendatangkan keuntungan bagi pelaku kegiatan tersebut.Setelah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan bisnis sekarang akan di bahas mengenai masalah masalah dalam bisnis,yaitu masalah Usia.Usia kadangkala menjadi masalah bagi para pelaku bisnis meskipun ini tidak selalu menjadi masalah. Contohnya dalam artikel yang diterbitkan oleh Durwood Ruegger
dan Ernest W. Raja mengenai pengaruh usia dan gender dalam berbisnis khususnya keputusan etikal bisnis menyatakan bahwa hasil studi yang diambil dari orang orang berusia di bawah 21tahun,21-30 tahun,31-40 tahun dan diatas 40 tahun.Menyebutkan bahwa orang yang berusia di atas 40 tahun mengambil keputusan paling etis,di ikutioleh orang berumur 31-40,21-30 dan terakhir berusia di bawah 21 tahun.berikut adalah potongan artikel yang diambil dari situs http://www.springerlink.com :




















Hasil tes tersebut menunjukan bahwa semakin tua umur seseorang maka keputusan yang diambil akan semakin tepat tetapi hal ini juga dipengaruhi oleh tingkat kematangan umur seseorang dan pengalamn yang didapatnya.Akan tetapi hal ini juga bukan hal yang harus dikhawatirkan oleh para pebisnis muda karena meskipun umur menetukantingkat kematangan keputusan yang diambil tapi untuk urusan semangat atau keinginan yangkeras maka hasil akhir yang didapat pasti akan berubah juga.
Sayangnya bagi para pebisnis usia muda adakala halangan yang ditemui dalam melakukan bisnis antara lain :
1.Kesempatan,ini adalah hal yang paling dicari oleh para pebisnis baik usia muda atupun yang berusia lanjut ini dikarenakan mindset masyarakat yang menganggap bahwa orang yang berumur lebih tua dapatmengambil dan melakukan hal yang lebih baik daripada orang yang berusia muda.
2.Kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar,ini juga merupakan masalh yang umum dihadapi oleh orang yang mempunyai niat untuk berbisnis tapi lingkungan yang tidak mendukung maka mengakibatkan hilangnya niat dan semangat bisnis.
3.Semangat dan kemauan,ini juga bisa dibilang kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh pebisnis di usia muda adakalanya ditemui orang yang mempunyai kemampuan,semangat dan kemauan yang kuat dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat memajukan bisnisnya akan tetapi saat bisnisnya mengalami kemunduran atau bahkan hampir bangkrut maka semangat,kemauan dan kemampuan ini hilang digantikan oleh keputusasaan .
Hal hal diatas adalah beberapa hal yang umum dihadapi oleh para pebisnis,akan teapi masih banyak hal lain yang dihadapi para pebisnis muda dalam memajukan bisnis mereka berikut ini adalah contoh para pebisnis usia muda yang berhasil dalam memajukan bisnis mereka:
  1. Ashley Qualls
    gadis ini menjadi milyader di usia 17 tahun karena bisnisnya di situs whateverlive.com,ini berawal dari hobinya mendesain layout di situs Myspace.com sampai akhirnya dia mendapat keuntungan karena disainnya dari iklan iklan yang berdatangangan.
  2. Cameron Jonshon
    Adalah seorang pebisnis yang luar biasa dia mulai berbisnis sejak usia 12 tahun dari berjualan boneka di situs e-bay hingga akhirnya menjadi pengusaha dari berbagai bisnis My EZ Mail, SurfingPrizes.com, CertificateSwap.com, etc

3&4 Catherine & Dave Cook
Catherine dan saudaranya Dave mendirikan myYearBook.com di tahun 2005 saat mereka berusia 15 & 16 tahun.setelah mendapat bantuan dana dari kakak merka yang sekolah di Harvard ditambah sedikit keberuntungan menjadikan bisnis mereka maju dengan cepat

5. Farrah Gray

Dia menjadi milyader di usia 15 tahun sifat bisnisnya dimuali sejak dia berumur 6 tahun dengan berjualan batu pengganjal pintu yang dialukis dengan gambar buatannya sendiri hingga perjalanan bisnisnya terus mengalir mulai dari mennjadi orang termuda yang berkantor di wall street hingga menjadi milyader hasil penjualan bisnisnya farr-out food yang menembus angka 1.5 juta dolar farrah gray juga mendirikan yayasan sosial farrah gray foundation sebuah yayasan yang memfokkuskan masalah pada entrepreneurship bagi anak muda.
6. Michael Furdyk
Dia menjadi milyader di usia muda karena menjual usahanya yang bernama MYdestop.com kepada Internet.com dengan harga jutaan dollar sehingga menjadikannya milyader di usia 17 tahun.

7. Sean Belnick
Mendirikan BizChair.comsaat usia 14 tahun dia berinvestasi hanya dengan modal $500 hingga berkembang menjadi $40.000.000 saat tahun 2007.
(Sumber;
http://www.justelsa.com/2010/09/7-entrepreneur-yang-menjadi-milyarder.html)
Di atas adalah contoh pengusaha yang berbisnis dari usia muda banyak hal yang dapat kita contoh dari orang orang diatas mungkin dari semangatnya atau lain hal tapi mereka sudah membuktikan bahwa usia muda tidak menjadi halangan bagi siapapun untuk memulai bisnisnya.Selain itu kita juga melihat bahwa sebagian pengusaha muda di atas menjalankan bisnis mereka melalui internet ini adalah salah satu keuntungan sebagi generasi muda yang menguasai sarana teknologi yang berkembang semakin pesat sebagai generasi muda mungkin kita lebih mengerti bagaimana menggunakan kemajuan informasi dan teknologi ini sebagai sarana untuk memajukan atau mulai berbisnis.
Selanjutnya saya akan membahas mengenai alas an alas an mengapa sejak dini kita harus atau setidaknya mengerti alas an berbisnis.
Pertama tama kita akan melihat macam macam/jenis sumber pengasilan.Menurut Robert T kiyosaki sumber penghasialan dibagi menjadi 4 jenis yaitu:
  • Kuadran E (employee – pegawai, Karyawan)
  • Kuadran S (self-employed - pekerja lepas).
  • Kuadran B (business owner - pemilik usaha).
  • Kuadran I (investor - penanam modal)
Di lihat dari kuadran-kuadrannya kuadran S dan E disebut active income yaitu penghasilan hanya dapat dinikmati bila kita melakukan pekerjaan sedangkan kuadran B dan I disebut passive income yaitu penghasilan tetap dapat dinikmati meskipun tidak bekerja.Dari pembagian kuadran kuadran tersebut kita melihat bahwa kuadran B dan I adlah kuadran yang paling menyenangkan karena tanpa bekerja kitatetap mendapat pendapatan tapi adastu halyang pasti seseorang harus berusaha keras dulua unuk mencapai kuadran tersebut,hal inilah yang harus kita lihat jangan melihat hasil kesuksesan seseorang tapi lihatlah bagaimana dia mencapainya.
Dari blog yang saya baca ada 8 profil pengusaha yaitu:
1. Creator
2. Star
3. Supporter
4. Deal Maker
5. Trader
6. Accumulator
7. Lord
8. Mechanic

  1. Creator adalah orang-orang kreatif dan banyak idenya. Mereka akan terus berkreasi dengan apa pun yang dimilikinya, meskipun terbatas. Mereka fokus di sisi kreatif saja dan menyerahkan pekerjaan lainnya kepada supporter atau mechanic dan lainnya.contoh dari para creator ini misalnya Walt Disney dan Bill Gates.
  2. Star adalah orang yang mempunyai personal branding yang kuat dan mempunyai daya tarik yang kuat entah dari sisi fisik atau lain halo rang orang ini biasanya menjadi brand image suatu produk karena mempunyai penggemardan idola yang banyak.
  3. Supporter adalah seorang pendukung biasanya adalh seorang manajer yang handal dalam mengelola perusahaan dan memimpin orang contohnya adalah Jack Welch (mantan CEO GE), TP Rachmat (Astra).
  4. Deal maker adalah orang yang biasa dan hebat dalam bernegosiasi terhadap sesuatu mereka tidak akan menyerah untuk mendapatkan best deal menurut keinginan mereka.
  5. Trader profil ini adalah orang yang mencari produk dengan harga murah dan bisa dijual harga tinggi. Timing adalah salah satu kunci keberhasilannya. Visinya adalah jangka pendek. Yang penting beli di harga sekian dan jual di harga sekian.
  6. Accumulator adalah orang yang mempunyai kesenangan untuk mengumpulkan asset dan digunaka sebagai investasi jangka panjang mereka.Dengan mengumpulkan beraneka asset mereka berharap mendapat cash flow dari asset yang dikumpulkan dalam jangka panjang.
  7. Lord adalah orang yang suka ddengan hal hal detil mereka dapat merekayasa keuangan dan membuat perhitungan matang dan jeli orang jenis ini dapat membangun bisnis dari nol.
  8. Mechanic. Orang tipe ini adalah para pembuat sistem dan mengembangkannya. Contohnya adalah Ray Kroc (Mc Donald's), Sam Walton (Wal Mart) dan sebagainya. Mereka selalu berpikir bagaimana agar sistem bisnisnya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.
Nah dari berbagai macam profil diatas mana yang merupakan profil yang sesuai dengan kalian karena untuk menjadi sukses tidak hanya harus kuat di satu sisi tapi harus saling mendukung satu sama lain bisa saja di satu profil kita kuat dan dua lainnya mendukung ini akan menjadi hal yang baik.
Saat ini para pengusaha muda membangun bisnis mereka tidak hanya berbekal uang dan jaringan yang baik tapi juga didukung oleh beberapa factor misalnya contoh dari kisah di bawah ini:
TIPTOP ternyata dibangun tahun 60-70an oleh 2 bersaudara yakni Haji Rustam dan Haji John Idris ..dan waktu itu pemain di supermarket itu hanya ada TIPTOP dan GELAEL, kata beliau.Waktu itu yang berjaya China di glodok,
Berikut ini kiat sukses beliau dalam membangun bisnis :

1.Jujur & Komitmen
Jujur dan komitmen adalah hal yang paling penting dalam berbisnis ada pepatah yang menyatakan bahwa kejujuran ada mata uang yang berlaku dimana mana contoh dalam komitmen membayar hutang pak haji rustam menceritakan bahwa bila kita sudah berjanji membayar hutang pada tanggal sekian pastikan kitabayar bila ada masalah maka sebelum deadline katakan yang sejujurnya dengan cara ini malah banyak supplier yang datang ke tiptop untuk menitipkan barang dagangannya.
2.Jangan makan uang yang bukan hak kita
Contoh uang kembalian yang nilainya dibawah 100perak oleh TIPTOP atas seijin pelanggan diminta dan dikumpulkan dan disalurkan ke Badan Zakat, dan ternyata uang2 recehan yang sering2 dibuat mainan anak kita ini oleh TIPTOP dikumpulkan dan sebulan bisa terkumpul lebih dari 50juta..!! Dahsyat khan..? .
3.Bayar Zakat, karena itu juga bagian yang bukan hak kita
Saya berpikir, kalau recehan dibawah 100perak dikumpulin sebulan >50juta gimana biangnya..? Berapa omsetnya..? berapa untungnya..? dan berapa Zakatnya..? Subhanallah..pasti besar sekali, dan mungkin inilah yang membuat TIPTOP dimana-mana laris termasuk cabang-cabangnya, semenjak hari H pertama pembukaan hingga detik ini dari pagi sampai malam hari...
http//www.hadikuntoro.blogspot.com
4.Bersedekah
Bagaimana Menghadapi Pesaing
Jangan pernah takut dengan pesaing, jadikan pesaing sebagai mitra yg akan bersama-sama menciptakan pasar, yang jelas :
-Usaha bisa di tiru
-Sistem bisa di Bajak
-Tapi Rizki tidak bisa di Jiplak
Nah dari contoh diatas kita dapat mendapat pelajaran bahwa usaha saja tidak akan cukup tapi kita juga tidak boleh lupa berdoa karena usaha saja tidak cukup tanpa doa.
Berikutnya adalah mengenai beberapa langkah sukses dari http://shelterwie.multiply.com/reviews/item/2 yaitu:
  1. Lakukan pekerjaan rumah Anda; pelajarilah segala-galanya yang perlu Anda ketahui tentang bisnis atau profesi Anda.
  2. Kembangkan gaya Anda sendiripelajarilah apa yang Anda senangi untuk dikerjakan, atau hal-hal kecil seperti misalnya cara Anda berpakaian.
  3. Jagalah kehidupan emosional Anda tetap teratur, kalau mungkin. Ketika kita menanjak makin tinggi dalam karier, akan banyak membantu kalau kehidupan pribadi kita bahagia, daripada kalau kita sedang terjebak dalam krisis, Cukup sulit untuk berhasil bahkan kalau tidak ada masalah pribadi yang merongrong enerji kita dan mengalihkan perhatian kita. Di samping itu, ketidakbahagiaan sama seperti penyakit-keadaan ini lambat laun mengaburkan perhatian terhadap hal-hal lainnya.
  4. kenalilah kelemahan Anda. Menerima hal-hal yang tidak bisa Anda lakukan dengan baik tidak ada manfaatnya, akan merugikan. Jika Anda tidak senang dengan angka-angka, tetapi menyukai kerja kreatif, jangan paksa diri Anda duduk menghadapi perkerjaan yang berhubungan dengan hitungan hanya karena memberikan gaji besar atau karena itu yang diharapkan orang. Dapatkanlah pekerjaan yang Anda senangiatau bisa dijamin Anda tidak akan bahagia satu atau dua dasawarsa sesudahnya - dan mungkin akan hancur pula kesempatan Anda meraih sukses yang sesungguhnya.
  5. Ketahuilah kekuatan Anda. Lebih baik Anda menetapkan pada bidang pekerjaan apa Anda lebih baik. Juga kenalilah apa yang Anda sukai untuk dikerjakan, dan pekerjaan apa yang Anda lakukan lebih baik daripada orang lain misalnya lihatlah suatu kejadian dari dari dua sisi jangan hanya melihat dari sisi negatifnya saja llihat juga sisi positifnya dengan demikian kita dapat mendapat pengalaman bagaimana menghadapi suatu keadaaan.
  6. Mulailah menyimpan uang cadangan simpanlah uang secukupnya sehingga Anda punya cadangan keamanan. Mungkin Anda tidak akan perlu menggunakannya, tetapi kadang-kadang terhadap suatu keadaan jawaban yang tepat hanyalah, "Tuan-tuan, saya keluar!" - dan Anda akan membenci diri sendiri kalau Anda tidak berada dalam posisi untuk berani mengatakannya.
  7. Dirikanlah sebuah jaringan karena manusia adalah mahluk yang tidak dapat hidut tanpa bantuan orang lan jringan dalam bisnis adalah hal yang cukup penting teman adalah hal yang anda butuhkan dalam membangun sebuah perusahaan karena itu bertemanlah denag banyak orang sejak dini karena itu adalah hal yang anda butuhkan pad saat waktunya nanti.
  8. Belajarlah mewakilkan. Banyak orang tidak mau - tidak bisa - berbuat begitu, dan akibatnya terhukum untuk tetap menduduki tempat sebagai bawahansebaiknya Anda merupakan ahli dalam hal itu, yang berarti Anda harus memilih orang yang tepat dan mempercayai mereka.
  9. Belajarlah kapan Anda harus menutup mulut. Banyak karier yang gagal karena bicara sembarangan, lebih banyak daripada yang gagal oleh sebab lainnya. Belajarlah berdiam diri dan kelihatan bijaksana - orang dengan sendirinya akan menduga bahwa Anda lebih tahu daripada yang sesungguhnya. Jangan bergunjing, dan jangan membicarakan rencana Anda. Reputasi bisa menyimpan rahasia jauh melebih popularitas sebagai penyebar gunjingan. Semakin tinggi Anda meningkat dalam karier, hal ini semakin terbukti kebenarannya. Dalam manajemen yang lebih tinggi, kerahasiaan bagaikan emas murni.
  10. Bersikaplah loyal. Jika Anda belum membangun reputasi sebagai orang yang loyal seratus persen reputasi sebagai orang tidak setia akan membuat Anda tidak disambut baik dimanapun juga dalam bisnis. Anda merintis jalan ke puncak bukan dengan menjilat ke atas atau menginjak ke bawah serta menikam punggung rekan-rekan Anda, tetapi dengan mulai membangun sejak awal karier Anda sebuah reputasi tak tergoyahkan sebagai orang yang tulus dan setia.
Dalam berbisnis hanya ada satu yang pasti yaitu kegagalan akan tetapi hal ini tidakmenjadaikan kita untuk takutdalam berbisnis karena meskipun kegagaln itu menghantui pikiran kita sebagai calon pengusaha muda kita tidak boleh takut duluan dalam menghadapi dunia bisnis simak kisah dari Sir Richard Branson pendiri Virginia group saat memberikan kuliah umum di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta.Dalamkuliah Branson menyatakan bahwa sebaiknya entrepreneurship (kewirausahaan) dimulai dari usia muda. Ketika muda, tidak ada hutang, tidak ada pacar, dan kalau gagal bisa mencoba terus," katanya. Hal ini ia katakan berdasarkan pengalamannya memulai bisnis di usia 15 tahun. Branson ketika itu memutuskan untuk berhenti sekolah dan mendirikan majalah yang menyuarakan anti perang AS-Vietnam. Selain itu, dalam berbisnis seorang wirausaha harus melakukannya dengan hati dan memperlakukan karyawan sebagai keluarga."Sangat penting jika ingin membuat perusahaan tidak hanya menjadikannya mesin uang tapi untuk kebaikan semua orang," tutur Branson. Setelah membuat majalah, ia melakukan ekspansi di industri musik, penerbangan, makanan, minuman, dan telekomunikasi. Hingga sekarang tercatat lebih dari 300 unit usaha dimilikinya Branson tidak pernah mengikuti teori bisnis apapun. Bahkan ia percaya, sebuah perusahaan tidak perlu memiliki bisnis inti.

Dalam berbisnis ada cara simple berbisnis yaitu prinsip :

Sederhanakan yang Sulit
Anda dapat menyederhanakan banyak hal, dengan mengacu pada 3 kesederhanaan (simplicity) berikut ini.

Tujuan yang sederhana

Ada baiknya anda mulai meninjau dan menyederhanakan kembali tujuan anda dalam berbisnis misalnya kita analogikan dengan program computer yaitu Ms word dibuat untuk mengolah kata,Ms Excel untuk membuat spreadsheet dan Ms powerpoint ntuk presentasi setiap program di atas dibuat berdasarkan tujuan pembuatan program tersebut ssekarang bayangkan bila semua tujuan pembuatan program tadi ditumpuk bersama sama dalam satu tempat bisa di bayangkan bagaiman rumitnya penulisan program harus banyak berkompromi dengan banyaknya tujuan tadi ssehingga menghasilkan program yang tidak efisien dan simple.

Metode yang sederhana

Sederhanakan metode anda dalam menjalankan proses bisnis sesuai dengan tujuan anda sehingga waktu anda tidak akan terbuang secara percuma dan menghambat keberhasilan dan keefisiensian kerja anda,misalnya anda ingin menuju Bandung anda bisa menggunakan mobil lewat jalan tol Cipularang, menggunakan kereta api lewat stasiun Gambir, menggunakan pesawat terbang lewat Bandara Soekarno-Hatta.Karena sekarang sudah tidak ada flight Jakarta – Bandung, maka Anda bisa gunakan flight Jakarta – Surabaya, dan Surabaya – Bandung.Metoda mana yang paling simple? Anda pasti bisa menjawabnya.

Eksekusi yang sederhana

Banyak perusahaan yang sudah mempunyai tujuan dan metode yang sederhana tapi mempunnyai proses eksekusi perintah yang rumit sehingga sangat sulit dilaksanakan.

Banyak hal yang orang yang menyatakan bahwa dalam memulai suatu usaha, usahakan adalah yang kita senangi atau merupakan hobi kita karena akan membuat kita lebih nyaman dalam melakukan pekerjaan kita.Setelah ini kita akan melihat beberapa hal yang menjadi penyebab kegagalan dalam berbisnis Menurut Sudarmadi, penulis buku "10 Pengusaha Yang Sukses Membangun Bisnis dari Nol," terbitan Gramedia Pustaka Utama, mengungkapkan bahwa banyak orang yang tidak menyadari adanya hambatan kultural, mental atau psikologis yang seringkali menjadi kendala atau bahkan menjadi pemicu kegagalan dalam merintis usaha. Contohnya perasaan gengsi. Sebagai entreprenuer, kalau mau sukses harus bersedia terjun ke lapangan, bersedia menawarkan ini-itu. Bisnis tak akan berjalan kalau urusan gengsi menjadi pertimbangan utama.

Sindrom itu terutama akan menjangkiti pengusaha pemula yang sebelumnya merupakan seorang profesional atau karyawan mapan. Biasanya ada perasaan gengsi untuk turun ke bawah. Bayangkan, sebelumnya tiap hari pergi ke mana pun selalu memakai mobil bagus, tiba-tiba harus naik taksi atau malah naik kendaraan umum tanpa memakai dasi. Lebih jauh hal ini bisa membuat yang bersangkutan menjadi minder bila bertemu teman atau relasinya sehingga merasa memulai usaha sebagai sesuatu yang amat berat dan menyiksa. Padahal orang lain belum tentu melihat penampilannya. Yang penting cara kerja dan kemampuannya.

Tingginya tingkat pendidikan juga sering menjadi hambatan mental untuk terjun ke lapangan. Misalnya ada seorang sarjana lulusan perguruan tinggi negeri terkemuka tiba-tiba kok akan berjualan bakso. Biasanya akan ditanya oleh orang tua atau lingkungannya, 'kamu sudah sekolah tinggi-tinggi kok hanya jualan baso?' Cara berpikir seperti ini harus dihilangkan, harus diputarbalikkan. Mestinya berpikiran, tak masalah jualan baso, yang penting bagaimana caranya agar bisa menjadi penjual bakso terbesar di sebuah kota dengan 40-50 armada. Tapi kenyataannya memang seperti itu, masih banyak hambatan psikologis. Orang-orang kita kebanyakan tidak mau mulai dari yang kecil. Padahal kalau mau sukses kita harus berani mulai dari yang kecil.

Selain itu ada beberapa hal yang menyebabkan kegagalan dalam mengembangkan bisnis yaitu :

  1. Kurang kemampuan manajerial,Kebanyakan bisnis dimulai oleh orang-orang yang tidak memiliki pengalaman. Banyak orang berpendapat bahwa manajemen merupakan hal umum. Padahal, jika para pengusaha tidak tahu bagaimana mengambil keputusan bisnis, kemungkinan besar dalam jangka panjang mereka akan gagal dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini dapat Anda siasati dengan mengikuti training manajerial.
  2. Lalai, Setelah pembukaan bisnis, biasanya para entrepreneur mundur dan tidak fokus pada usahanya. Sikap itu akan membuat usaha yang telah dibangun akan mati dengan sendirinya. Padahal, memulai suatu bisnis membutuhkan suatu komitmen waktu dan kerja keras yang sungguh-sungguh.
  3. Kurang kontrol,
    Sistem kontrol membantu para pengusaha memonitor biaya, tingkat produksi, dan beberapa hal yang lain dalam berbisnis. Bila sistem kontrol tidak menunjukkan kontrol pada tingkat awal, maka para entrepreneur akan kesulitan menghadapi masalah besar berikutnya.
  4. Modal yang tidak cukup, Suatu bisnis harus memiliki cukup modal untuk dapat bertahan tanpa pemasukan selama enam bulan. Pemilik bisnis baru hampir pasti akan gagal bila mereka berharap dapat membayar semua tagihan di bulan kedua dengan mengandalkan kuntungan di bulan pertama
  5. Rencana strategi yang tidak realistis
  6. Layanan pelanggan yang buruk
  7. Marketing yang tidak memadai
  8. Tidak ada cadangan tunai atau modal kerja
Itulah sebagian dari penyebab kegagalan dalam berbisnis tapi untuk itu kita tidak boleh ragu ataupun takut apabila kita sudah mempunyai niat karena meskipun ada bayangan kegagalan teap kita harus bersemangat dan bertekat jangan sampai ketakutan untuk memulai sesuatu dan untuk para mahasiswa yang berniat memulai usaha bisnis Harus dirintis,dan Study harus Sukses, Luruskan pemahaman bahwa kuliah bukan sekedar untuk mencari ijazah dan kemudian untuk melamar pekerjaan, tapi kuliah sebagai sarana untuk menuntut ilmu, memperluas pergaulan dan membentuk pola pikir agar lebih sistematis, sebagai bekal untuk membuka lapangan pekerjaan.Negeri kta menunggu karya nyata kita semua sebagai Wira usahawan Muslim Yang Jujur dan berakhlak Mulia.Insya Allah 2020 Indonesia terbebas dari kemiskinan.Sekian dari saya apabila ada salh kata mohon maaf maklum postingan pertama.