Sabtu, 30 Oktober 2010

Layanan studentsite universitas Gunadarma

 REVIEW LAYANAN BERBASIS WEB UNIVERSITAS GUNADARMA
OLEH
STEVE WISNU PERDANA (26210692)
1EB11


Oke ini adalah posting kedua saya,posting ini hanya untuk kepentingan tugas dari kampus jadi harap maklum.
Langsung saja kali ini saya akan membahas mengenai layanan UG yang pasti udah akrab bagi mahasiswa UG yaitu layanan studentsite yang beralamat di http://studentsite.gunadarma.ac.id
Studentsite 
Adalah layanan web yang dimilki oleh Ug ini adalah situs yang berisi pelayanan dan informasi mengenai kegiatan di UG.Studentsite wajib dimilki oleh semua mahasiswa UG selama menjadi mahasiswa di UG.Setiap mahasiswa UG baru atau lama pasti mengakses akun studentsite mereka setidaknya sekali dalam dua hari atau malah dalam satu hari.Alasan mahasiswa mengakses layanan ini dikarenakan di sinilah informasi terbaru mengenai kegiatan civitas academia UG diumumkan.
Studentsite bisa dibilang sebagai locker di dunia maya karena data-data mahasiswa UG ada di sini mulai dari jadwal perkuliahan,tugas dari dosen,pengurusan surat izin dll.Saat PPSPPT semua calon mahasiswa mendapat pemberitahuan mengenai cara mengaktifkan akun studentsite mereka,bersama dengan cara mengakses situs BAAK,hal pertama yang wajib dimiliki untuk mengakses akun studentsite adalah NPM mahasiswa.
Selanjutnya adalah fitur-fitur mengenai studentsite.
  • Mail,layanan ini berguna untuk menerima email yang masuk di akun studentsite.
  • kalender,sama seperti kalender pada umumnya hanya saja ini juga berfungsi sebagai kalender akademis
  • Adressbook,adalah layanan yang menyediakan nama nama,alamat,nomor telepon orang sudah terdaftar di adressbook 
  • Info log,layanan log dari studentsite 
Selanjutnya adalah kelebihan dari layanan ini,antara lain:
  1. Sarana informasi mengenai aktivitas dari civitas akademi UG
  2. Tempat berbagi informasi/pemberitahuan antara mahasiswa dengan dosen melalui layanan lecture message.
  3. Terhubung hampir ke semua layanan penting berbasis web Universitas gunadarma seperti BAAK
  4. Adanya layanan kalender pendidikan.
Tidak ada hal yang sempurna begitu juga dengan layanan studentsite.Selanjutnya adalah kekurangan dari layanan studentsite;
  1. Koneksi /masalah jaringan,ini adalah masalah yang utama hampir setiap membuka layanan ini ada saja masalah koneksi jaringan yang lambat mungkin karena ini adalah masalah internal dari server tapi ini tetap saja menyulitkan mahasiswa dalam mengakses layanan ini.
  2. Tampilan yang terlalu simple atau kurang interaktif,meskipun fitur yang disediakan lengkap bagi kalangan mahasiswa tapi tampilan yang sederhana ini kadang dapat membuat bosan bagi pengguna yang terus menerus membuka layanan ini.
  3. Belum terintegrasinya layanan search engine populer,meskipun bukan masalah penting tapi mungkin lebih baik bila ada layanan search engine.
Nah itu tadi adalah  review dari salah satu layanan web UG yaitu layanan student site kesimpulan yang dapat diambil adalah layanan ini memang bisa dibilang sudah baik tapi sayang ada masalah yang menurut penulis harus diperbaiki yitu masalah koneksi jaringan yang terkadang putus di saat mengakses layanan ini.
sekian mengenai review dari layanan web Gunadarma, apabila ada kata atau tulisan yang tidak berkenan penulis mohon maaf.

0 komentar:

Posting Komentar