Jumat, 12 Oktober 2012

Mengenal Lebih Dekat Akuntansi Sektor Publik


 

Akuntansi sebagai suatu cara umtuk menyampaikan informasi mengenai masalah keuangan kepada pihak yang membutuhkan terus mengalami perkembangan yang pesat. Bidang atau kajian dalam program akuntansi terus berkembang dan diperbarui sesuai dengan perkembangan zaman. Sector public sendiri bisa dibilang telah menjadi salah satu bagian perkembangan dalam bidang akuntansi ini, dalam beberapa tahun terakhir ini pembahasan mengenai sector public telah menjadi topic pokok dalam berbagai seminar. Sebelum kita mengetahui apakah yang dimaksud dengan akuntansi sector public kita harus mengetahui lebih dahulu apa yang dimaksud dengan sector public tersebut.

Menurut Wikipedia, pengertian sector public secara luas adalah "bidang yang membicarakan metoda manajemen negara. Sedangkan dalam arti sempit, diartikan sebagai pembahasan pajak dan kebijakan perpajakan. Dari berbagai sebutan yang muncul, sektor publik dapat diartikan dari berbagai disiplin ilmu yang umumnya berbeda satu dengan yang lain". Sector public sendiri muncul sebagai salah satu cabang ilmu dalam akuntansi yaitu berdasarkan penggolongan organisasi dalam hal pelaporan informasi ekonomi yang dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu sector public dan sector privat. Penggunaan akuntansi dalam organisi sector privat dinamakan akuntansi bisnis dikarenakan sifat organisasi prifat yang bertujuan untuk kegiatan bisnis yang hasil akhirnya adalah mencari keuntungan meskipun tidak selalu. Sedangkan Akuntansi Sektor Publik adalah akuntansi yang melaporkan informasi ekonomi dari sebuah organisasi sektor publik. Perbedaan antara organisasi sector public dengan organisasi sector privat sendiri tidak bersifat bersifat dikotomis. Organisasi yang tidak publik pasti privat, atau sebaliknya.

Perkembangan akuntansi sector public sendiri telah lama terjadi sejak mulai digunakannya akuntansi dalam kegiatan manusia meskipun bisa dibila belum berdiri sendiri. Dari berbagai buku lama terbitan Eropa Barat, akuntansi sektor publik disebut akuntansi pemerintahan. Dan diberbagai kesempatan disebut juga sebagai akuntansi keuangan publik. Berbagai perkembangan terakhir, sebagai dampak penerapan daripada accrual base di Selandia Baru, pemahaman ini telah berubah. Akuntansi sektor publik didefinisikan sebagai akuntansi dana masyarakat. Akuntansi dana masyarakat dapat diartikan sebagai: "… mekanisme teknik dan analisis akuntansi yang diterapkan pada pengelolaan dana masyarakat". Di Indonesia sendiri akuntansi public diterapkan pada lembaga-lembaga BUMN pada masa reformasi seperti sekarang ini di mana masyarakat mengharapkan suatu pemerintahan yang transparan khususnya dalam bidang keuangan dimana peran akuntansi public sangat berpengaruh dan bertanggung jawab untuk mewujudkan harapan masyarakat akan suatu good government. Karena untuk mewujudkan hal tersebut dikeluarkanlah tiga undang-undang mengenai keuangan yaitu :

  1. UU No.17 th 2003 tentang Keuangan Negara
  2. UU No.1 th 2004 tentang Perbendaharaan Negara, dan
  3. UU No.15 th 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung jawab Keuangan Negara

Ketiga UU tersebut akan mendorong pemerintah untuk mengelola keuangan negara dengan lebih baik dan membuat pertanggung jawabannya berupa laporan keuangan yang disusun berdasarkan suatu standar akuntansi pemerintahan.


 

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi_Sektor_Publik
  • http://rumahartikelkeuangan.blogspot.com/search/label/Akuntansi%20Sektor%20Sublik
  • http://www.uliansyah.or.id/2012/02/mengenal-akuntansi-sektor-publik.html
  • http://0wi3.wordpress.com/2012/05/20/akuntansi-sektor-publik-dan-akuntansi-pemerintahan/


     

0 komentar:

Posting Komentar