Kamis, 03 Januari 2013

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif Dalam Paragraf



Kalimat Efektif dan Tidak Efektif Dalam Paragraf

Kalimat efektif adalah kalimat yang membangkitkan acuan dan makna yang sama di benak pendengar atau pembaca dengan yang ada di pikiran penulis dan pemikir. Sedangkan yang dimaksud dengan kalimat tidak efektif adalah suatu kalimat yang bisa dibilang tidak dapat menyampaikan ide  atau pokok pikiran yang dimaksudkan oleh penulis kalimat tersebut kepada pembaca kalimat tersebut. Di bawah ini adalah contoh dari paragraph yang mengandung kalimat efektif dan kalimat tidak efektif.

Paragraph yang mengandung kalimat tidak efektif :

       Ada banyak virus-virus yang dapat menginfeksi serangga. Virus yang selalu pasti dijumpai pada ulat api adalah virus B. nudaurelia. Virus ini ternyata memiliki peranan yang efektif untuk mengendalikan pengontrolan hama ulat api pada tanaman kelapa sawit. Efektivitas dari virus tersebut dapat mencapai 100%.

Pada paragraph di atas kata-kata pada kalimat yang digaris bawahi menunjukan bahwa kalimat tersebut tidak efektif karena mengakibatkan kesulitan bagi pembaca dalam memahami makna atau maksud dari paragraph tersebut. Di bawah adalah ini paragraph perbaikan dari paragraph di atas, pada paragraph di bawah kalimat yang tidak efektif sudah diganti menjadi kalimat efektif.

Paragraph yang mengandung kalimat efektif :

       Ada banyak virus yang dapat menginfeksi serangga. Virus yang selalu dijumpai pada ulat api adalah virus B. nudauerlia. Virus ini ternyata memiliki peranan yang efektif untuk mengendalikan hama ulat api pada tanaman kelapa sawit. Efekivitas dari virus tersebut dapat mencapai 100%.

1 komentar:

Poskan Komentar