Jumat, 22 April 2011



 

 
Tugas 3 SOFTSKILL 

1.Jelaskan dengan singkat mengenai :
  • Neraca pembayaran, Neraca Pembayaran adalah transaksi-transaksi yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain dalam jangka waktu tertentu (1 Tahun pada umumnya). Dalam Neraca pembayaran mencangkup pembelian dan penjualan barang dan jasa, hibah dari individu dan pemerintah asing, dan transaksi finansial. Pada umumnya transaksi dalam neraca pembayaran terdiri dari dua jenis yaitu transaksi debit( yang menyebabkan mengalirnya devisa dari dalam ke luar negeri biasanya disebut transaksi negatif ) dan transaksi kredit (yang menyebabkan mengalirnya arus uang (devisa) dari luar negeri ke dalam negeri transaksi ini disebut juga transaksi positif).
  • Modal asing, Modal Asing adalah Modal yang dimiliki oleh negara asing, perseorangan warga negara asing, badan usaha asing, badan hukum asing, dan/atau badan hukum Indonesia yang sebagian atau seluruh modalnya dimiliki oleh pihak asing dasar peraturan modal asing di Indonesia adalah UU No 25 Th 2007 Tentang Penanaman Modal.
  • Hutang Luar negeri, Hutang luar negeri adalah Utang luar negeri atau pinjaman luar negeri, adalah sebagian dari total utang suatu negara yang diperoleh dari para kreditor di luar negara tersebut. Penerima utang luar negeri dapat berupa pemerintah, perusahaan, atau perorangan. Bentuk utang dapat berupa uang yang diperoleh dari bank swasta, pemerintah negara lain, atau lembaga keuangan internasional seperti
    IMF dan Bank Dunia.
2. Sebutkan dan Jelaskan manfaat modal Asing (min 5)!
  • Sebagai salah satu sumber untuk melakukan pembangunan ekonomi, di Indonesia yang merupakan negara yang sedang berkembang maka suntikan modal asing akan sangat berperan untuk melakukan pembangunan ekonomi yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat indonesia yang adil dan makmur.
  • Berperan sebagai salah satu faktor yang membantu penutup kesenjangan gap pada devisa negara saat transaksi yang sedang berlangsung.
  • Sebagai Foreign Direct Investment (FDI) dan kedalaman pasar modal
  • Sumber investasi pada perusahaan swasta, perusahaan swasta yang mengalami kekurangan modal dapat menggunakan modal asing sebagai sarana untuk mengembangkan perusahaan mereka.
  • Penggerak kegiatan ekonomi yang lesu, dengan masuknya modal asing maka diharapkan kegiatan ekonomi yang lesu dapat ditingkatkan atau didorong agar kembali bersemangat.
3. Sebutkan dan jelaskan dampak hutang luar negeri terhadap pembangunan di Indonesia (min 5)!
  • Apabila hutang luar negeri tidak diatur dengan baik maka akan menciptakan krisis di dalam negeri karena jumlah hutangyang terus membesar.
  • Membesarnya jumlah APBN, hutang luar negeri bagaimanapun juga tetap hutang yang harus dibayar tepat waktu, jadi apabila jumlah hutang semakin besar maka akan memberatkan APBN negara yang digunakan untuk mellunasi hutang beserta bunganya.
  • Membantu penanganan masalah biaya pembangunan, dalam rangka melaksanakan pembangunan nasional maka dibutuhkan biaya yang tidak sedikit maka diharapkan dengan hutang luar negeri kekurangan dana untuk melakukan pembangunan dapat diatasi.
  • Dapat mencapai target pembangunan dalam negeri yang sudah direncanakan dengan baik.
  • Dalam jangka pendek, utang luar negeri sangat membantu pemerintah Indonesia dalam upaya menutup defisit anggaran pendapatan dan belanja negara, yang diakibatkan oleh pembiayaan pengeluaran rutin dan pengeluaran pembangunan yang cukup besar
Sumber: a. External debt - Wikipedia, the free encyclopedia

b. http://www.jurnas.com
c. http://perpustakaan-online.blogspot.com

 

0 komentar:

Posting Komentar