Minggu, 08 April 2012

PERUSAHAAN SEKURITAS

Dalam transaksi di pasar modal kita tentu sudah mengenal bahwa transaksi yang ingin kita lakukan mesti melalui pialang/broker/perusahaan sekuritas. Mengenai perusahaan sekuritas tersebut saat ini di Indonesia sudah terdapat perusahaan sekuritas yang menyediakan jasa dalam hal kegiatan pasar modal. Yang menjadi pertanyaan bagi kita adalah perusahaan mana yang kita anggap terbaik sehingga kita dapat memilih dengan tepat perusahaan sekuritas tersebut.

Beberapa tahun lalu kita tentu mendengar kasus mengenai perusahaan sekuritas yang telah menggelapkan uang milik nasabah, kejadian ini dimungkinkan karena pada beberapa tahun lalu ada celah yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan sekuritas nakal untuk mengeruk untung melalui cara yang tidak halal. Celah yang dimaksud adalah belum adanya aturan yang memisahkan antara rekening milik investor dengan rekening milik perusahaan sekuritas, karena itu sebagai investor sudah menjadi keinginan kita untuk dapat memilih perusahaan sekuritas mana yang dapat melindungi dana milik investor dari penyalahgunaan dan juga yang memiliki kinerja yang baik. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menganalisis kualitas suatu perusahaan sekuritas ?

Langkah pertama yang harus kita lakukan khususnya investor institusi adalah adalah mencari rating berdasarkan eksistensinya di pasar, yang ingin kita cari adalah sekuritas yang mempunyai peringkat 50 besar . setelah menemukan peringkat/rating 50 besar tersebut selanjutnya adalah melakukan analisis mengenai kinerja perusahaan sekuritas tersebut.

Hal yang patut dianalisis adalah mengenai modal dari perusahaan sekuritas yang dimaksud dengan asumsi bahwa semakin besar modal maka semakin kuat perusahaan sekuritas yang bersangkutan. Kita dapat berpendapat bahwa semakin esar sekuritas yang dimiliki oleh suatu perusahaan sekuritas maka semakin banyak jumlah transaksi yang dapat kita lakukan begitu juga dengan semakin banyak pula aktivitas bisnis yang dapat kita jalani. Dengan semakin besar modal yang dimiliki juga menunjukan seberapa besar keseriusan perusahaan tersebut dalam menjalankan kegiatan bisnisnya selain itu juga menunjukan kemampuan perusahaan tersebut dalam menanggung resiko yang mungkin terjadi.

Analisis lain yang penting untuk menilai suatu perusahaan sekuritas adalah analisa likuiditas dari perusahaan tersebut semakin bagus likuiditasnya semakin bagus. Likuiditas perusahaan dapat dilihat dengan membandingkan mengenai asset lancar dengan kewajiban lancar perusahaan, bila asset lancar lebih besar dari kewajiban maka likuiditas dari perusahaan tersebut lebih baik begitu juga sebaliknya.

Selain mengenai likuiditas yang tidak kalah penting adalah mengenai analisis rentabilitas, pada analisis ini kita melihat dua hal yaitu ROA (return of assets) yang membandingkan antara laba yang diperoleh dengan total assets perusahaan dan juga ROE (return of equity) yang membandingkan antara laba dengan modal.

Penjelasan di atas adalah mengenai beberapa kualitas dasar dari perusahaan yang harus dilihat sebelum investor memilih perusahaan sekuritas. Selain hal yang sudah disebutkan diatas kita harus melihat kembali beberapa hal lain yang harus dicermati secara mendalam misalnya saja mengenai nilai transaksi termasuk volume transaksi yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas yang bersangkutan. Umumnya perusahaan dengan jumlah transaksi yang besar merupakan perusahaan yang aktif dan tentunya mendapat kepercayaan dari investor.

Kemampuan riset adalah hal lain yang harus diperhatikan oleh investor, kemampuan riset perusahaan sekuritas yang kompeten tentunya mempunyai unit riset dan analisis riset yang tepat,berkuallitas dan dapat dipercaya. Kemampuan riset suatu perusahaan sekuritas dapat dilihat dari hasil riset yang dikeluarkan. Karena itu semakin baik kemampuan perusahaan sekuritas dalam melakukan riset semakin baik perusahaan tersebut. Alasan masuk akal mengenai hal tersebut adalah bagaimana suatu perusahaan sekuritas memberikan rekomendasi mengenai suatu emiten terhadap investor bila tidak melakukan riset terlebih dahulu terhadap emiten yang sudah direkomendasikan .

Yang terakhir adalah soal market update, salah satu factor penting dalam transaksi di pasar saham adalah mengenai informasi yang actual mengenai transaksi saham yang terjadi di pasar, masalahnya adalah apakah perusahaan sekuritas tempat anda memberikan informasi actual untuk anda dan nasabahnya ? jika perusahaan sekuritas terus melakukan update dan memberikan informasi tersebut kepada anda atau nasabahnya maka perusahaan tersebut dapat anda pertimbangkan untuk menjadi tempat transaksi di pasar karena perusahaan tersebut bisa dibilang peduli terhadap nasabahnya.


 


 

(sumber kompas minggu 1 April 2012 dengan sedikit perubahan)

 

0 komentar:

Posting Komentar